Friday, March 19, 2010

Ketekunan dan Hati Putih Barack Obama

Buku yang ditulis oleh Simon Saragih yang berjudul Ketekunan dan Hati Putih Barack Obama ini menyajikan rangkaian kehidupan Barack Obama mulai dari tataran yang terendah--sebagai orang dari kalangan minoritas--hingga pada akhirnya sebagai Presiden dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada bulan November 2008 yang lalu. 

Buku ini mencoba merangkum komentar orang-orang mengenai kualitas yang menyelamatkan Obama dari potisi pas-pasan yang hanya pandai berpidato tanpa tindakan nyata. Banyak hambatan dan tantangan yang harus dilalui hingga pada akhirnya ia mencapai karir tertinggi sebagai orang nomer satu di Amerika Serikat. 

Obama dilahirkan dari orang tua campuran--bapak seorang keturunan kulit hitam dari Kenya dan ibu seorang wanita berkulit putih, Obama memiliki pemikiran terhadap multi ras. Setelah menempuh pendidikan dari Universitas Columbia dan Harvard, Obama mengawali pekerjaannya sebagai lawyer (pengacara) yang sangat terkenal. Dia banyak berkecimpung di organisasi yamg membantu masyarakat miskin perkotaan (urban poor). Persentuhannya dengan masyarakat miskin inilah yang membekali dirinya pemahaman tentang penderitaan rakyat kecil. 

Konsep kepemimpinan Obama banyak diilhami oleh konsep yang dianut oleh Abraham Lincoln yang dimasa pemerintahannya menghapus prakti perbudakan di Amerika Serikat. Dia seringkali mengutip kalimat kalimat dari pidato Lincoln bila dia menyampaikan pidatonya dihadapan publik. Dalam setiap pidatonya dia dengan konsisten selalu menyatakan anti diskriminasi. Namun Obama tidak terjebak dalam keterpihakan yang tidak seimbang terhadap masyarakat kulit hitam. Itu yang menyebabkan daya kata-katanya bertuah. 

Bagi Obama, argumen pertama bagi sebuah visi politik adalah alur tindakan politik dan pribadi pada masa lampau dan bukan pada logika dan permainan bahasa. Menurut Jim Margolis Obama adalah kombinasi dari banyak hal yang terbungkus dalam keotentikan yang mampu menghadirkan Obama sebagai figur kebaikan yang nyata sebagai sosok seorang pemimpin (hal. 283).

11 comments:

banyak sudah pemimpin2 yang lahir dari bawah yang sudah paham betul akan kehidupan rakyatnya.
trims atas infonya sangat membantu, smg sukses selalu n tetap semangat

Akan datang sesudahku penguasa-penguasa yang memerintahmu. Di atas mimbar mereka memberi petunjuk dan ajaran dengan bijaksana, tetapi bila telah turun mimbar mereka melakukan tipu daya dan pencurian. Hati mereka lebih busuk dari bangkai. (HR. Ath-Thabrani)

Yang terindah di langit adalah bintang-bintang
bergemerlapan, sedangkan yang terindah dalam hidup adalah kehangatan kasih sayang.

Semoga dibukakan hati Obama ..seperti apa yang telah di tulis ...

jadi tahu visinya obama dalam memimpin pemerintahannya....dan dalam hidupnya.

semoga obama tidak mendukung israel lagi

sepakat dengan komen di atas
Obama jangan mendukung Israel

y aq berharapnya mas obama bisa lebih baik dr presiden amerika sebelumnya sob

laporsob baner dah aq pasang di blog q silakan di cek lagi, terima kasih dah di ingetin

Kayanya bagus Sob buku'y.....aku mau cari ah nanti hhe......klo masalah RAS kayanya Orang Rwanda lebih kasian tuh......

@ all : Masalah timur tengah Obama mulai menunjukkan janjinya untuk tidak berpihak pada Israel, tetapi lebih dekat ke tanah arab. (Tau dah politik mah susah ditebak). Catatan Sejarah akan mencatat kemana langkah politik Amerika dibawah kepemimpinan Obama !

Hmmm .... sekilas kisah Obama! Kita tunggu peran Obama dalam kebaikan untuk Indonesia!

obama oh obama....
mungkin rangkuman diatas itu untuk USA saja, nggak untuk negara lain.
te2p saja dia masih dukung israel....
tapi tenang ah masih ada iran dan rusia didepan sana...

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...