Saturday, July 3, 2010

Stopwatch

Ketika anda membuka suatu halaman atau blog dan membutuhkan waktu yang lama pada waktu loading tentu anda akan bosan, jengkel atau bahkan memutuskan nggak jadi membuka halaman tersebut, tentu demikian pula yang terjadi pada saat orang lain membuka halaman/blog anda. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi lambatnya proses loading, misalnya :
  • dari sisi server : mulai dari komputer yang digunakan oleh server hosting berikut operating system yang terpasang, web server, database server, bandwidth yang dimiliki, router, sampai tune up servernya.
  •  dari sisi client : hmmm mungkin nggak perlu dibahas, saya yakin anda tahu bandwidth yang anda peroleh dari isp yang anda gunakan, termasuk tagihannya. 
  • dari sisi blog/halaman kita sendiri : framework/cms yang anda pakai, tune up, meta tag, script, widget, design halaman (termasuk background) maupun content yang mungkin terdiri dari teks, gambar, animasi, sound form dan segala macamnya.
Memang idealnya suatu halaman harus bisa fully loaded hanya  butuh waktu kurang dari 20 detik bagi pengguna ‘jalur lambat’, jika lebih dari 20 detik sudah tidak bisa disebut ideal walaupun mungkin pengunjung akan menahan sabar karena anda memiki content yang benar-benar istimewa, tetapi meskipun begitu selama masih bisa diusahakan optimasi untuk membuat halaman anda loaded lebih cepat tentu akan lebih baik dan menyenangkan pengunjung.

Saya dan tentu anda juga sering melihat betapa banyak halaman yang meng-embed (mungkin bisa diterjemahkan dengan menanam ?) widget yang ngggak ada manfaatnya, hanya sekedar hiasan, pun hiasan yang tidak ada istimewaanya, misalkan jam analog atau animasi binatang atau apapun, pasti anda bisa menyebut dengan jelas, nah, widget semacam itu besarnya kadang mencapai 20 kb, animasi bahkan kadang mencapai 50 kb, nah berapa banyak waktu yang terbuang hanya sekedar loading ’sampah’ semacam itu ?
kini saatnya anda menilai blog anda, perlukah bersih-bersih atau mau dipertahankan, anda bisa menggunakan stopwatch untuk mengetahui seberapa cepat blog anda agar fully loaded. Atau ingin tetap lambat seperti blog saya ?


 source :ngaco

9 comments:

Sangat setuju bgt dgn penjelasannya Mas,btw klo saya suka yg load cpt tapi yang enak dilihat gmn ya caranya Mas hehehe...:D

Trims, akan saya coba cek!

kelambatan terjadi sewaktu membuka halaman blog, juga bisa disebabkan oleh.. koneksinya. menurut saya biar lemot asal selamat. hehehe..

@infophone-kdr
saya belum ngerti maksud sobat...kata "yg enak diliatnya?", mungkin maksud anda, embed atau yg mempengaruhi berat load dihapus asal tdk mengurangi ke'unikan' tampilan blog anda. caranya tetap lakukan yg disebutan di atas, tinggal perlu kreatifitas anda sendri, plg tdk lebih ringan dr sebelumnya.

@aura pelupa
silahkan dicoba, thanks dah berkenan.

@intuisiblog(dot)com
betul mas...berarti anda juga setuju yah.

thanks for all...atas perkenan waktu sobat hadir disini..

iyah sih betul juga
chika juga kaykanya mesti menghapus sebagian widget yang kurang bermanfaat
makasih nih masukannya

Wah mau coba dulu, makasih shobat infonya ..langsung praktek

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...