Saturday, December 11, 2010

OpenLeaks Bakal Jadi Pesaing WikiLeaks

WikiLeaks sepertinya akan memiliki saingan, pasalnya beberapa mantan awak mereka yang pernah berseteru dengan Julian Assange kini tengah mencoba untuk membuat situs bernama OpenLeaks. Tujuannya yakni untuk memperoleh berbagai dokumen rahasia yang langsung diberikan kepada media.

“Saya dapat mengonfirmasikan bahwa kami akan beroperasi dengan nama, ‘OpenLeaks’” kata mantan anggota WikiLeaks asal Islandia, Herbert Snorrason, kepada AFP. Tidak seperti WikiLeaks, OpenLeaks tidak akan mempublikasikan bocoran dokumen secara langsung via media online tapi membuat bocoran itu tersedia bagi media partner.

“Ini bukan sebuah situs web yang akan mengumpulkan bahan dan mempublikasikannya tetapi lebih merupakan sebuah penyedia sistem bagi orang-orang untuk dapat meng-upload informasi secara anonim,” kata Snorrason.

Domain dengan nama openleaks.org pada hari Jumat masih berupa halaman kosong dengan logo panah melingkar dan pengumuman “coming soon!”.

“OpenLeaks merupakan proyek teknologi yang bertujuan untuk menjadi satu penyedia layanan bagi pihak ketiga yang mau menerima materi dari sumber-sumber anonim,” kata Daniel Domscheit-Berg, mantan juru bicara WikiLeaks di Jerman kepada sebuah televisi publik Swedia (SVT) yang diperoleh AFP.

Didirikan tahun 2006, situs web penyingkap aib WikiLeaks menjadi sorotan media tahun ini ketika membocorkan dokumen utama tentang perang di Irak dan Afganistan. Situs itu juga menimbulkan badai diplomatik bulan ini saat mulai mengeluarkan ribuan kawat rahasia kedutaan AS. Salah satu pendiri WikiLeaks, mantan hacker Julian Assange, sekarang ini sedang meringkuk di penjara di London dan tengah menunggu jadwal sidang ekstradisi ke Swedia. Di negara itu, ia dicari untuk dimintai keterangannya atas tuduhan kekerasan seksual. (kompas.com)

4 comments:

Wach bakalan seru dan akan semakin ramai dibicarakan nich mas taher,btw kira2 menang mana yach persaingannya hehehe...:D

@7217568086570972349.0
OpenLeak justru akan menjadi partner yg saling melengkapi bos...khususnya tentang dokumen rahasia yg banyak ditunggu orang!

tapi kok dah gak bisa dibuka lagi ya wikileaksnya?, udah ditutup kali ya, hiks... :(, indoleaks juga dah ilang :((...

*salam kenal dari Shin-kun :D*

@4577907284890982849.0
wikileaks.com dah tutup. tapi anda masih bisa koq info dari wikileaks dg klik ke :http://mirror.wikileaks.info/

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...