Wednesday, August 3, 2011

Pesan Obama Menyambut Ramadhan

Photo [news.okezone]Obama dan Istri saat berkunjung di Istiqlal
Beberapa negara di Eropa, dan Amerika termasuk di Indonesia penetapan 01 Ramadhan jatuh pada hari Senin, tanggal 01 Agustus 2011. Dalam menyambut bulan ramadhan tahun ini,  Obama menyampaikan pesan-pesan religinya khususnya kepada kaum muslim di Amerika maupun di seluruh dunia. Pidato obama ini sebetulnya  juga pernah dilakukan para Presiden AS di Gedung Putih setiap awal Ramadhan dimulai. 

Kebiasan ini tentu harus kita pahami dan perhatikan, bahwa kenyataan sosio-politis masyarakat AS menunjukkan semakin kuatnya komunitas Islam bukan hanya di Amerika Serikat tetapi juga di tingkat global, kepentingan AS semakin terkait dengan negara-negara berpenduduk Muslim. Tak terkecuali Jakarta  menjadi perhatian dan pengalaman tersendiri dalam pesan Obama tersebut. Pelan, tapi pasti, pemahaman tentang Islam dan masyarakat Muslim di AS akan semakin meningkat. Ramadhan yaa Kariim..



Berikut ini adalah pesan Obama yang saya kutip dari TEMPO Interaktif  dot Com, yang dirilis Gedung Putih terkait Ramadan.

"Dengan dimulainya Ramadan, Michelle dan saya ingin mengirimkan ucapan selamat kepada komunitas muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Ramadan adalah masa menyenangkan yang telah ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia selama berbulan-bulan. Berbagai keluarga dan komunitas berbagi kebahagiaan berkumpul bersama saat buka puasa maupun salat. Bazar menghidupkan malam di berbagai kota dari Rabat hingga Jakarta. Dan di sini, di Amerika Serikat, warga muslim Amerika berbagi tradisi Ramadan dengan para tetangga, rekan pelajar, dan teman kerja," ujar Obama.

"Bagi mayoritas umat muslim di seluruh dunia, Ramadan juga merupakan waktu untuk merenung dan berkorban. Seperti di agama lain, puasa juga digunakan untuk meningkatkan spiritualitas, disiplin, dan kesadaran akan pengampunan Tuhan," tambah Obama.

"Ini juga merupakan momen untuk mengingatkan kita soal pentingnya merangkul orang-orang yang kurang beruntung. Kejadian yang menyebabkan hilangnya nyawa dan gambar-gambar keluarga serta anak-anak di Somalia, perjuangan di Afrika untuk bertahan hidup, mengingatkan kita tentang kemanusiaan bersama dan memacu kita untuk bertindak. Kini sudah saatnya bagi berbagai negara dan warga bersatu menghindari bencana yang lebih buruk dengan mengulurkan dukungan dan bantuan terhadap upaya-upaya pemulihan yang tengah berlangsung."

"Waktu seperti ini mengingatkan kita pelajaran mengenai agama-agama besar, termasuk Islam, bahwa kami memberi kepada yang lain seperti yang lain memberikan kepada kita. Dengan semangat seperti itu, saya mengucapkan kepada umat muslim di seluruh dunia semoga mendapat bulan yang berkah dan saya tidak sabar untuk kembali menggelar buka puasa di sini, di Gedung Putih. Ramadan Kariim."

4 comments:

Paling nggak dengan adanya Ucapan dari Presiden Amerika Serikat ini, warga muslim yg menjadi minoritas disana bisa sedikit merasa dihargai disana :)

lama aku gak mampir, apa kabar Sob? hhe...

Met aktivitas n menjalankan ibadah puasa

@Ferdinand
Pesan Obama setidaknya menandakan bahwa Islam tdk bisa dianggap sebelah mata dlm kancah kepentingan AS, termasuk Islam minoritas yg ada di dalam AS sendiri.

selamat menunaikan ibadah puasa gan, moga bisa sampe akhir.

Memang ga salah ya Om Obama jadi Presiden US, ucapan sederhananya ini pasti akan menumbuhkan perdamaian di dunia :)

luar biasa akangnya berbuka puasa di gedung putih :(

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...