Sunday, August 8, 2010

Backup Online

Postingan ini  terinspirasi saat saya mengalami kehilangan data penting saat - saat dibutuhkan menghadapi akreditasi sekolah bulan ini juga,  kejadian ini saya sering mengalaminya. Kebetulan, karena lama tidak update blog akhirnya kupaksakan juga buka blog yang memang agak malas karena kesibukan,  Alhamdulillah  sobat  syahidakomputer  blog  membantu saya menemukan software yang berfungsi untuk mengembalikan data yang hilang atau terformat sakalipun, kemudian saya  berpikir  bagaimana agar data juga perlu dibackup agar aman.  thanks so much my friend.

Diakhir tahun pelajaran atau setiap semesteran saya disibukkan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan input data komputer, tentunya banyak data  dan info penting yang mesti kita jaga agar aman. Pernahkah anda kehilangan? jika belum berdoalah agar tidak usah mengalaminya, jika sudah tidaklah perlu ditangisi, jadikan pelajaran, saya sendiri pernah kehilangan ratusan gb data akibat kerusakan hardisk saya, ada kesalahan yang harus dijadikan pelajaran dari perisstiwa ini, yaitu tidak semua data penting saya backup, pelajaran yang harus diambil adalah ‘lakukan backup’. Bagaimana jika backup juga rusak ? jawabannya adalah jangan hanya membuat satu backup, kemungkinan rusaknya backup juga ada, karena pada umumnya kita hanya membuka dan memperhatikan file yang sedang kita kerjakan, sedangkan backup mungkin sama sekali tidak kita buka sampai waktu yang lama, bahkan mungkin tidak pernah diingat sampai saat kita mengalami kerusakan atau kehilangan seperti yang saya alami dalam cerita di atas.

Pilihan backup cukup beragam, dari flashdisk, cd, dvd, secondary hardisk, external/portabel hardisk, dan yang agaknya hanya lazim di server kelas berat adalah tape archiver (tar). Selain media offline seperti di atas sebenarnya banyak juga media penyimpanan online gratis yang bisa anda gunakan, seperti vosi.biz, 4shared, drivehq dan banyak lainnya, anda bisa googling untuk mencari dan membandingkan fasilitas yang anda inginkan, kelebihan dari penyimpanan online adalah bisa dibuka kapan saja dan di mana saja anda berada, asal ada koneksi internet maka seketika data anda akan tersaji. mungkin anda sedang berada di suatu daerah dan saat itu laptop anda ditahan di bandara atau sebab lainnya, maka anda tetap bisa bekerja dengan file-file anda.

Salah satu yang bagi saya cukup favorit dan sebenarnya sudah cukup lama saya pergunakan adalah 4shared, server ini dulunya memberikan space 5 gb, tapi belakangan ditambah menjadi 10 gb, meskipun tujuan awal adalah untuk berbagi file di internet namun sebenarnya ada fasilitas untuk mengatur agar file atau folder anda tidak bisa dilihat atau dicari oleh user lain, jadi seolah-olah anda sedang menyimpan di hardisk pribadi anda, manfaatkan 4shared desktop untuk memudahkan pekerjaan anda, meskipun anda bisa memanfaatkan browser tetapi ada beberapa kelebihan jika anda menggunakan 4shared desktop

Selain mengamankan dengan cara backup, tentu juga anda harus siap menyediakan alat penyelamat data jika anda lupa  atau lagi malas abis tuk membackup. Silahkan  gunakan  software Getdataback yang saya dapatkan dari sobat syahidakomputer pada awal pembukaan postingan ini.

Download software gdback NTFS klik di SINI. dan gdback FAT di SINI.

moga bermanfaat !!

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...