Wednesday, August 18, 2010

Profile Perguruan Tinggi Di Indonesia

Meski calon peserta mahasiswa sudah mengetahui hasil Ujian  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi yang dipilihnya dan sebentar lagi akan memasuki masa aktif kuliah, tidak salah anda  harus mengetahui profile perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia sebagai wawasan ilmu pengetahuan. Profile perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik Negeri maupun Swasta dibagi berdasarkan wilayah dan pengelolaan yang berbeda-beda cakupan pengelolaannya.


Mengenal profile perguruan tinggi sangat penting untuk diketahui  lebih jauh dan mendalam. Kita akan mengetahui mulai dari  sejarah berdiri sampai prestasi dan kualitas perguruan tinggi khususnya yang ada di seluruh Indonesia. Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi. Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi negeri di Indonesia di bawah pengelolaan Departemen Pendidikan Nasional. Daftar ini tidak mencakup perguruan tinggi keagamaan di bawah pengelolaan Departemen Agama dan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Departemen/Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non Departemen lainnya.

Berikut adalah masing-masing daftar perguruan tinggi berdasarkan wilayah yang ada di seluruh Indonesia.

Wilayah Sumatera meliputi :

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Riau

Kepulauan Riau

Jambi

Bengkulu

Sumatera Selatan

Lampung

Bangka Belitung

 Wilayah Jawa meliputi :

Banten

DKI Jakarta

Jawa Barat

Jawa Tengah

Daerah Istimewa Yogyakarta

Jawa Timur

 Wilayah Nusa Tenggara meliputi :

Bali

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Timur

 Wilayah Kalimantan meliputi :

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Selatan

Kalimantan Timur

Wilayah Sulawesi meliputi :

Sulawesi Utara

Gorontalo

Sulawesi Tengah

Sulawesi Selatan

Sulawesi Tenggara

Wilayah Maluku dan Papua meliputi :

Maluku

Maluku Utara

Papua

Papua Barat





Sumber data : Wikipedia.org.

4 comments:

Thank infonya sob !!!
bagi saya ini adalah modal dan pedoman dimana nantinya insya allah saya ingin melanjutkan study saya ke salah satunya sob !!!

perguruan tinggi di indonesia cenderung lebih dipandang yang negeri daripada yang swasta atau swadaya, namun buat saya hal itu tidak jadi permasalahan, karena di amerika dan german, malah perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas yang lebih baik.

thanks kawan dah komen, sekalian coba comment luv aq...

Bagus friend ini untuk referensi adik2 kita yang baru lulus SMA
The Genuine Idea

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...