Tuesday, November 29, 2011

Manfaat Pembelajaran E-Learning dengan Moodle

Mengenal moodle diawali waktu saya mendapatkan kesempatan menjadi peserta Sertifikasi Angkatan 07 melalui  Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Bandung yaitu tanggal 07-15 September 2011 yang bertempat di Pusdiklat Pos Sarijadi Bandung di bawah bimbingan dari dosen UPI Bandung. Model pembelajaran ini diberikan saat sesi Materi  Model Pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Dr. Moh. Hebret yang kocak pisan euy....  

Didalam sesi tersebut, sayang sekali Pak Hebret hanya memiliki sedikit waktu  mempresentasikan pengguna moodle, dan beliau hanya mempraktikkan cara instalasi penggunaan software moodle  di PC secara ofline dan belum sampai  tahapan pembuatan course dan upload secara online,  saya kira dapat dimaklumi mungkin karena keterbatasan waktu, maka hanya pada instalasi secara offline dan masih sederhana. Karena masih baru mengetahui tentang moodle ternyata proses instalasi rupanya sangat rumit hingga beberapa kali pak Hebret mengulangi demontrasi cara instalasi moodle. Singkat kata, pak Hebret menyarankan para guru untuk mencari metode yang lebih praktis dalam menyampaikan materi ke siswa dan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas salah satunya yaitu dengan model pembelajaran E-learning.

 Saat break bersama temen-temen peserta PLPG (kanan saya : Pak Bagus T)
Saat break dan fhoto2 temen2 PLPG
Apa itu Moodle?
 
Menurut Asep Sufyan Tsauri dalam makalahnya yang berjudul "Modul Pemanfaatan Moodle untuk Pelaksanaan Elearning di Sekolah", Moodle  merupakan kependekan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment  adalah sebuah program aplikasi yang dapat membuat sebuah media pembelajaran ke dalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan guru dan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat mendownload aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org.

Moodle saat ini merupakan Course Management System terbesar di dunia dibuktikan dengan jumlah pengguna Moodle terdaftar saat ini (Juli 2010) sebanyak 51905 situs dari 214 negara. Kelebihan utama Moodle adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan. Hanya perlu kemampuan menggunakan internet untuk dapat menguasai Moodle ini.

Tahap Awal Instalasi

Untuk lebih jauh tentang bagaimana tahapan-tahapan instalasi moodle baiknya sobat cari infonya di Google. Sebagai percobaan atau boleh coba-coba, ada beberapa persiapan dasar yang harus disiapkan sebelum  tahap instalasi berikutnya dimulai. Untuk itu kita terlebih dahulu harus memiliki aplikasi Moodle. Aplikasi ini bisa di-download di alamat http://download.moodle.org/ . Ada dua jenis Moodle Distribution yaitu dalam bentuk terkompresi .tgz dan .zip. Bahkan saat ini Moodle menyediakan paket instalasi lengkap yang didalamnya terdiri dari aplikasi Moodle, Apache Web Server, MySQL dan PHP. 

Jujur saya akui saya belum memiliki moodle dan baru tahap upload, tetapi selalu gagal dan nanti akan saya coba lagi. Sehingga saya belum memberikan contoh moodle yang siap pakai. Barangkali temen-teman guru silahkan kunjungi moodle sobat kita  yang sudah membuatnya, silahkan klik di situs Besmart.uny.ac.id. dan banyak bertebaran di sekolah-sekolah lain yang sudah membuat model pembelajaran menggunakan moodle.

Mungkin hanya ini informasi tentang moodle  secara pintas lalu saja, sebelumnya mohon maaf bila tidak memuaskan sobat guru yang baru tertarik mempelajari model, karena memang  saya sendiri baru newbie. dan hanya share saja terutama yang belum pernah atau baru mengetahui metode ini. Bagi kawan-kawan guru yang sudah mahir menggunakan moodle mohon di share disini. Oke! sekian dulu nanti kita lanjut  bahasan kita lebih detail lagi jika moodle saya sudah jadi.hehehe. Semoga!

2 comments:

salam sukses ya untuk saudara, bagus juga pembelajaran e-learning dengan Moodle, ini sangat bermanfaat bagi yang ingin mencobanya dan kinerjanya pun lebih simple dan profesional.

@3402785160801494180.0
thanks kang Onny atas apresiasinya ttg moodle.

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...