Thursday, May 31, 2012

Cara Merubah Desimal di MS. Word

Saat mengakhiri Kegiatan Belajar Mengajar tugas Tata Usaha atau Panitia UKK (Ujian Kenaikan Kelas) khususnya kelas 9 adalah pekerjaan rutin saya untuk mengentri Nilai. Untuk database Entri Nilai biasanya kita buat dengan menggunakan MS. Excel untuk kemudian kita buat Mailmerge-nya ke MS. Word. Contoh pembuatan keperluan itu seperti Surat Kelulusan, SKKB, dan SKHUN. Surat2 tersebut yg berisi Nama, Alamat, NISN, dan Angka-angka Nilai siswa agar tampil di tabel Nilai sesuai yg kita inginkan seperti : 8.90, 7.50, dst, akan tetapi mengalami masalah, yaitu angka Desimalnya terlalu banyak, misalnya : 8.92400000002, atau seperti gambar di bawah ini.

Nah, untuk mengatur masalah pembatasan Desimal dari 8.92400000002  menjadi 8.92 dari tabel di bawah ini, langkahnya sebagai berikut :
1. Sorot kolom Variabel Nilai, kemudian Klik Kanan, ....
 

....maka akan tampil seperti tabel di bawah ini.

















2. Seteleh itu klik Field Codes (ada di bagian bawah popup), maka akan keluar jendela editor filed code seperti berikut :
















3. Dari tampilan jendela di atas, klik Options…, perhatikan gambar dibawah, untuk data-data angka yang akan anda format menjadi desimal dengan dua digit dibelakang koma, maka ketikan kode \# ##,##  (gunakan titik, bukan koma).


















4. Kemudian akhiri dg Klik OK. Coba lihat hasilnya akan seperti di bawah ini.

CATATAN :
JIKA MASIH BELUM SEMPURNA JUGA, Coba ikuti cara mudahnya perintah dibawah ini :

Tekan alt + F9> Masukkan kode bidang \ # setelah judul kolom gabungan yang perlu terbatas pada dua digit setelah titik desimal "0,00".
 
Contoh: {MERGEFIELD "Upah" \ # "0,00"}
 
Catatan: Tekan Alt + F9 untuk menyembunyikan kode kolom gabungan
 
Moga Bermanfaat.

7 comments:

Artikelnya bagus juga, komentar balik ya di blog saya www.indojobfair.com

Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

Thanks!

Randy
randydavis387@gmail.com

terimakasih atas panduannya...
sekarang saya tidak perlu pusing lagi buat ngatasin masalah yang seperti itu...

wah gitu ya caranya gan

oww ternyta gitu ya gan,mksih gan :D

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...