Sunday, July 15, 2012

6 Keadaan Wanita di Syurga

"tak ada yang tau sedih yang kusimpan dihati ini.. tak ada yang tau tangis yang kupendam dijiwa ini... andai ada jalan lain untuk membawaku kehadapanmu, inginnya aku memelukmu dan membawamu kembali ketengah2 kami... andai saja....." 
Kalimat di atas datangnya dari seorang sahabat (teman kuliah) yang suaminya telah dipanggil oleh Allah. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang putra/putri yang masih kecil. Satu setengah tahun sudah ibu dari anak-anak itu tanpa suami dan ayah bagi anak-anaknya. Dijalaninya dengan penuh kesabaran, ketabahan dan ikhlas apa yang sudah ditetapkan oleh yang Maha Kuasa. Dalam kesendiriannya, si ibu selalu berdo'a agar suaminya mendapat tempat yang layak di sisiNya yaitu Syurga. Dan berdo'a agar putra-putrinya kelak menjadi anak yang soleh dan sholehah. 
Sampai kini, si Ibu masih belum berniat untuk menikah lagi. Yang paling mengganjal dan ditakutkan adalah apa yang harus dikatakan kepada putra-putrinya jika besar kelak. Dalam obrolan sahabat si Ibu tadi bertanya ke sahabat yang lain. Pertanyaannya adalah : "....Adakah haditsnya bahwa apabila seorang istri yang menikah lagi setelah suami pertamanya meninggal dunia, kelak di akhirat istri tersebut akan bertemu dengan suami keduanya, bukan dengan suami pertamanya? Terima kasih atas penjelasannya.
Untuk menjawab pertanyaan itu saya pun ikut sibuk mencari dan berusaha untuk memberikan jawaban dari pertanyaan sahabat tadi. Berikut jawabannya.
Ada enam Keadaan wanita di dunia ini, yaitu :
1. Wanita meninggal sebelum menikah.
2. Wanita ditalak suami pertama, dan tidak menikah lagi sampai meninggal.
3. Wanita menikah dengan lelaki yang bukan ahli surga. Misalnya, suaminya murtad atau melakukan kesyirikan.
4. Wanita meninggal lebih dahulu sebelum suaminya.
5. Wanita ditinggal mati suaminya, dan tidak menikah lagi sampai meninggal.
6. Wanita ditalak atau ditinggal mati suaminya, kemudian menikah dengan lelaki lain.

Untuk wanita jenis pertama, kedua, dan ketiga, dia akan dinikahkan dengan seorang lelaki yang menjadi penghuni surga. Dia memiliki sifat yang sempurna, sebagaimana penghuni surga lainnya. Ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ما في الجنة أعزب

“Di surga, tidak ada orang yang tidak menikah.” (H.R. Ahmad dan Muslim)

Untuk wanita jenis keempat dan kelima, dia akan dinikahkan dengan suaminya di dunia.

Adapun wanita yang keenam akan dinikahkan dengan suami yang terakhir. Ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أيما امرأة تُوفي عنها زوجها ، فتزوجت بعده ، فهي لآخر أزواجها

“Wanita mana pun yang ditinggal mati suaminya, kemudian si wanita menikah lagi, maka dia menjadi istri bagi suaminya yang terakhir.” (H.R. Thabrani; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Disadur dari risalah Ahwalun Nisa’ fil Jannah, karya Sulaiman bin Shaleh al-Khurasyi.
Benarkah ada hadits yang mengatakan bahwa apabila seorang istri yang menikah lagi setelah suami pertamanya meninggal dunia, kelak di akhirat istri tersebut akan bertemu dengan suami keduanya, bukan dengan suami pertamanya? Terima kasih atas penjelasannya. Benarkah ada hadits yang mengatakan bahwa apabila seorang istri yang menikah lagi setelah suami pertamanya meninggal dunia, kelak di akhirat istri tersebut akan bertemu dengan suami keduanya, bukan dengan suami pertamanya? Terima kasih atas penjelasannya. Benarkah ada hadits yang mengatakan bahwa apabila seorang istri yang menikah lagi setelah suami pertamanya meninggal dunia, kelak di akhirat istri tersebut akan bertemu dengan suami keduanya, bukan dengan suami pertamanya? Terima kasih atas penjelasannya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...