Monday, November 7, 2011

Tips Menghindari Ancaman Spam

Jika anda tidak banyak waktu untuk memonitor buku tamu, komentar/ulasan bahkan web/blog secara teratur mungkin karena kesibukan dan lain hal, maka jangan kaget jika blog/web anda akan dipenuhi dengan spam. Karena bisa jadi blog/web yang anda tinggalkan akan banyak pula komentar yang menyertakan link di artikel atau postingan anda, sementara anda tidak pernah memonitor komentar atau blog. 

Salah satu cara terbaik untuk membangun komunitas dan pembaca bagi webmaster adalah dengan adanya komentar, tapi sayangnya komentar seringkali disalahgunakan oleh para spammer dan nogoodnik dengan memasukkan skrip atau perangka lunak lainnya untuk menempatkan spam di blog kita. Jika Anda pernah menerima komentar/ulasan yang tampak seperti iklan atau tautan acak ke situs yang tidak memiliki hubungan, berarti Anda sedang menghadapi spam komentar/ulasan. 


Dalam hal ini Webmaster Google memberikan tips atau  langkah  untuk mengurangi atau mencegah spam komentar/ulasan di situs web Anda.

1. Gunakan Perangkat Komentar Anti Spam.
Sebagian besar terangkat pengembangan situs web, terutama perangkat blog, memerlukan pemberi ulasan untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar manusia, bukan mesin spam. Anda mungkin pernah melihat hal ini: Umumnya pengguna diperlihatkan sebuah citra tererot (sering disebut dengan CAPTCHA) dan diminta untuk mengetikkan huruf atau angka yang ia lihat dalam citra tersebut. Beberapa sistem CAPTCHA mendukung CAPTCHA audio. Cara ini efektif untuk mencegah spam ulasan. Proses ini dapat mengurangi jumlah pembaca lepas yang meninggalkan ulasan di laman Anda, tetapi proses ini akan benar-benar meningkatkan kualitas ulasan tersebut.
2. Aktifkan Pengereman Komentar
Pengereman komentar/ulasan berarti bahwa tidak ada ulasan yang akan muncul di situs Anda sampai Anda meninjau dan menyetujui ulasan tersebut secara manual. Hal ini berarti Anda menggunakan lebih banyak waktu memonitor ulasan Anda, tetapi hal ini sangat membantu meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung situs Anda. Hal ini sebenarnya bermanfaat jika Anda secara berkala menempatkan subjek yang kontroversial, dan membuat panas emosi. Pengaktifan moderasi atau pengereman komentar biasanya sudah ada pada  setelan dalam perangkat lunak Blogger.
3. Gunakan tag "nofollow"
Bersama dengan Yahoo! dan MSN, Google memperkenalkan "nofollow" HTML microformat beberapa tahun lalu, dan atribut ini telah diadopsi secara luas. Tautan apapun dengan atribut rel="nofollow" tidak akan digunakan untuk menghitung PageRank atau menentukan keterkaitan laman Anda dengan kueri pengguna. (Misalkan, jika seorang spammer memasukkan sebuah tautan dalam ulasan Anda seperti berikut:
<a href="http://www.example.com/">Situs yang bagus!</a>

ini akan dikonversi menjadi:

<a href="http://www.example.com/" rel="nofollow">Situs yang bagus! </a>

Tautan baru ini tidak akan berpengaruh pada penghitungan PageRank. Tautan ini tidak akan mencegah spam, tetapi akan menghindarkan situs dari masalah saat lolos dari PageRank.

Banyak situs blogging (seperti Blogger) secara otomatis akan menambahkan atribut ini ke ulasan apapun yang ditempatkan oleh defaultnya.

4. Menolak hipertaut dalam ulasan
Jika Anda memiliki akses ke seerver, Anda mungkin ingin mengubah konfigurasinya untuk menghapus tag HTML dari tautan ulasan di dalam bukutamu Anda. Spammer akan tetap dapat meninggalkan ulasan, tetapi mereka tidak dapat menerbitkan hipertaut yang aktif.
5. Blok laman komentar atau ulasan dengan robots.txt atau tag META
Anda dapat menggunakan robots.txt berkas untuk menghalangi akses Google ke laman tertentu. Hal ini tidak akan menghentikan spammer meninggalkan ulasan, tetapi tautan dalam ulasan ini tidak akan memberikan dampak negatif pada situs Anda. Misalkan, jika ulasan disipan dalam subdirektori bukutamu, Anda dapat menambahkan hal-hal berikut ke dalam berkas robots.txt Anda:

    Menolak:/bukutamu/

Hal ini akan menghalangi Google mengindeks isi bukutamu dan subdirektori manapun.

Anda juga dapat menggunakan tag META untuk menghalangi akses laman pilihan tunggal, misalnya http://www.example.com/article/comments. Seperti ini:

   <html>    <head>    <META NAME="googlebot" CONTENT="noindex">
sumber : Google Webmater.

3 comments:

Betul mas. Sekarang banyak sekali kontes SEO yang diadakan. Banyak pula komentar-komentar spam yang dilancarkan. Biarpu di blog yang memasang nofollow tapi tetep saja di buat ladang spam. karena berkomentar di blog nofollow pun link tersebut masuk perhitungan google juga. Untuk mengantisipasi kometar spam, saya menggunakan moderasi komentar.

hahaha...

awas.. w tukang siomay.... :D

Nice kakaa..
lanjutkan..

Post a Comment

Terima kasih Sobat Telah Berkenan Meluangkan Waktu Mengomentari dan Saya akan segera komen balik Anda. No. Porn No. Spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...